Biu, Yambres (2022) Profesionalisme Guru Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas XI SMK Bina Insani Kao Barat Kabupaten Halmahera Utara. Profesionalisme Guru Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas XI SMK Bina Insani Kao Barat Kabupaten Halmahera Utara.
![[thumbnail of Profesionalisme Guru Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas XI SMK Bina Insani Kao Barat Kabupaten Halmahera Utara.pdf]](https://repository.sttpb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Profesionalisme Guru Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas XI SMK Bina Insani Kao Barat Kabupaten Halmahera Utara.pdf
Download (362kB)
Abstract
Profesionalisme guru adalah sifat-sifat atau kemampuan, kemahiran, cara melaksanakan sesuatu dan lain-lain sebagaimana sewajarnya terdapat pada seorang profesional. Guru yang profesional ditandai dengan adanya penguasaan kemampuan/kompetensi yang dimiliki guru yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Profesionalisme Guru dalam meningkatkan disiplin belajar siswa kelas XI SMK Bina Insani Kao Barat Kabupaten Halmahera Utara.
Dalam penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Kualitatif yang mendeskripsikan kondisi di wilayah lokasi penelitian. Data penelitian berupa wawancara kepada narasumber, selain itu didukung data observasi. Wawancara dilakukan kepada narasumber guru dan murid untuk mendapatkan gambaran data profesionalisme guru dan disiplin belajar siswa kelas XI SMK Bina Insani Kao Barat Kabupaten Halmahera Utara.
Analisa data dilakukan dengan cara mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data dari hasil wawancara dipadukan dengan data pengamatan observasi sehingga ditemukan deskripsi hasil penelitian dan kesimpulan hasil penelitian.
Setelah penelitian dilakukan, maka penulis memperoleh hasil penelitian menunjukan bahwa ditemukan adanya guru yang kurang persiapan dalam mengajar. Selain itu terdapat guru yang melaksanakan pembelajaran di kelas tidak sesuai dengan perangkat pembelajaran yang telah dibuatnya. Berdasarkan indikator profesionalisme guru menunjukkan bahwa sebagian guru belum dapat sepenuhnya memenuhi prasyarat guru profesional. Hal ini menunjukkan bahwa profesionalitas guru SMK Bina Insani Kao Barat belum dapat meningkatkan disiplin belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profesionalisme Guru, Disiplin Belajar Siswa. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Depositing User: | Repository Admin |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 14:38 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 14:38 |
URI: | https://repository.sttpb.ac.id/id/eprint/16 |